Tips Menjaga Pola Hidup Sehat Supaya Tak Mudah Sakit

Dengan menjalankan pola hidup sehat, tubuh pun akan semakin kuat, awet muda, dan panjang umur.

Pola hidup sehat perlu diterapkan sejak dini. Banyak orang yang tak menjalankan pola hidup sehat karena dinilai sulit. Namun, untuk menjadi pribadi yang sehat tidaklah sulit.

Cukup perhatikan pola makan dan aktif bergerak. Ketika sejak remaja sudah tertanam pola hidup sehat, tentu kamu akan terhindar dari penyakit serius. Kalau pola makan tak sehat dan jarang olahraga, bisa saja kamu alami kelebihan berat badan yang nantinya akan menjurus ke obesitas.

Baca : Halodoc Konsultasi Dokter

Orang dengan obesitas sangat rentan mengalami beberapa penyakit degeneratif seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, sampai diabetes.

Berikut 10 cara pola hidup sehat yang alami dan harus kamu jalani seperti dilansir detik.com.

1. Jalani Pola Makan Gizi Seimbang

Macam-macam pola hidup sehat bisa dipilih. Salah satunya adalah dengan mengikuti pola makan gizi seimbang. Dalam sekali makan, harus ada makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta serat.

Karbohidrat berfungsi sebagai energi tubuh sedangkan protein berguna untuk meregenerasi sel-sel tubuh. Pastikan juga konsumsi sayur dan buah supaya tidak hanya karbohidrat dan protein http://cimac.edu.mx/forums/user/areaseoku/, tetapi ada vitamin, mineral, dan serat.

2. Hindari Makanan Tinggi Zat Kimia

Kini banyak sekali makanan yang diolah dengan cara instan. Makanan ini mengandung pengawet bahkan pewarna makanan. Bukan tak boleh dikonsumsi, kamu bisa menikmatinya maksimal seminggu sekali.

Hindari jajanan yang memiliki warna cerah karena bisa saja mengandung pewarna yang jika menumpuk terlalu lama ditubuh akan berbahaya.

3. Perhatikan Asupan Serat

Pola hidup remaja saat ini perlu dikhawatirkan. Hal ini dikarenakan mereka lebih banyak mengonsumsi makanan rendah serat namun tinggi natrium seperti fast food.

Asupan serat setiap harinya harus tercukupi. Serat bermanfaat untuk menjaga pencernaan tetap lancar sehingga sistem pencernaan sehat dan terhindar dari penyakit.

Kebutuhan serat harian untuk orang dewasa adalah 25 gram per hari. Idealnya manusia membutuhkan serat sekitar 20-25 gram dalam sehari.

4. Batasi Konsumsi Garam, Gula, dan Lemak

Konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL) yang berlebih menjadi salah satu faktor masalah gizi di Indonesia setiap tahunnya di semua kalangan usia. Sehingga tak heran, jika di usia 30 ke atas sudah banyak orang yang menderita serangan jantung maupun diabetes.

Agar tetap sehat, tentu setiap orang perlu mengetahui batas konsumsi maksimal dari ketiga bahan ini. Batas maksimal konsumsi gula yaitu 4 sdm, garam 1 sdt, dan lemak 5 sdm per hari untuk setiap orang http://www.miyou.hk/home.php?mod=space&uid=998477.

5. Asupan Vitamin yang Cukup

Asupan vitamin yang alami bisa didapat dari sayur dan buah. Buah-buahan yang dikonsumsi tak perlu mahal. Dapatkan manfaat pola hidup sehat dengan rajin mengonsumsi buah pepaya, pisang, hingga semangka. Kandungan vitaminnya bisa membuat tubuh makin sehat.

6. Olahraga Teratur

Selain konsumsi makanan sehat, pola hidup sehat juga bisa dipenuhi dengan olahraga teratur. Berjalan, jogging, yoga, hingga beberapa jenis olahraga lainnya bisa membuat tubuh makin bugar.

7. Hindari Pola Hidup yang Membahayakan Kesehatan

Tujuan pola hidup sehat adalah supaya tubuh terhindar dari penyakit dan dapat beraktivitas dengan normal. Pertimbangkan untuk berhenti melakukan kebiasaan buruk yang membahagiakan kesehatan seperti merokok dan mengonsumsi alkohol.

Baca Juga : Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat

8. Cukupi Kebutuhan Cairan

Hampir 70 persen tubuh kita adalah cairan. Agar kulit tak kering dan tubuh bisa bekerja dengan optimal, kamu perlu cairan. Disarankan untuk minum air putih sebanyak 6-8 gelas per hari.

9. Terpapar Sinar Matahari Pagi

Sering berada di ruangan ber-AC membuat kamu menghindari sinar matahari. Selain dari makanan ternyata vitamin D bisa didapatkan dari paparan sinar matahari pagi. Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko penyakit autoimun.

10. Hindari Stres

Beban hidup yang berat bisa mendatangkan stres. Untuk mendapatkan pola hidup sehat, mengelola stres perlu dilakukan. Dan jangan lupa istirahat yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s